Monday, 14 July 2014

Cara – Cara Pengolahan Limbah Plastik

pengolahan limbah plastikPengolahan limbah plastik masih akan menjadi masalah yang tidak pernah akan mampu kita selesaikan apabila kita sendiri bersikap tidak tahu menahu tentang hal ini. Perlu kita ketahui bersama bahwa plastik adalah sampah yang paling berbahaya dan sulit untung diolah. Sampah plastik akan benar-benar terurai sempurna membutuhkan waktu yang sangat lama, yakni 1000 tahun. Banyak orang yang tidak mengerti akan hal ini, akhirnya memilih cara yang lebih singkat untuk memusnahkan sampah plastik yang ada dengan cara membakarnya begitu saja.

Padahal dengan dibakar, sampah plastik akan lebih berbahaya. Proses pembakaran plastik akan menimbulkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan jika proses pembakarannya tidak sempurna.  Plastik yang dibakar secara tidak sempurna akan terurai di udara dalam bentuk senyawa dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampak yang ditimbulkan adalah penyakit kanker, hepatitis, hati yang membengkak, gangguan pada system syaraf dan depresi.

Pengolahan Limbah Plastik Untuk BBM

Sampah-sampah plastik yang semakin banyak dari tahun ke tahun, tentunya selalu menjadi kekhawatiran kita bersama. Bagaimana tidak? Bila kita tidak segera bertindak, sampah-sampah plastik ini akan terus menggunung dan semakin mencemari lingkungan kita. Dari berbagai cara untuk mengolah limbah plastik, ada salah satu cara yang sebenarnya bermanfaat lebih, yaitu pengolahan limbah plastik untuk dirubah menjadi BBM. Caranya dengan memanfaatkan bekas tabung gas 3 kg yang diubah menjadi tempat pembakaran sampah plastik. Tanamkan corong besi pada tabung gas dengan cara dilas, corong ini sebagai tempat untuk memasukan sampah plastik yang akan dibakar. Hubungkan pipa penyulingan yang juga terhubung dengan tabung penadah uap. Sampah plastik yang dibakar, nantinya akan berubah hasilnya menjadi minyak. Segala jenis plastik dapat diolah dengan alat ini.

Agar tetap efisien, pembakaran plastik selanjutnya bisa menggunakan minyak dari hasil pembakaran sampah plastik sebelumnya. Proses pembakaran dan penyulingan sampah plastik ini ramah lingkungan. Dalam proses pembakaran ini, tidak ada gas yang keluar, karena setelah disuling, uap hasil pembakaran ditampung dalam tabung yang tertutup. Dari percobaan ini, kita bisa tahu bahwa sampah plastik dari kemasan botol mineral, minyak yang dihasilkan lebih bagus, lebih jernih daripada plastik dari tas kresek. Nilai oktan yang dikandung dari minyak hasil pembakaran sampah plastik ini sebesar 84-85, masih sedikit jika dibandingkan nilai oktan pada premium yang sebesar 87-88.  Saat ditestkan pada mini truk Esemka, rpm nya masih naik turun, belum bisa stabil. Namun yang paling penting, masyarakat Indonesia sudah semakin kreatif dalam upaya mengolah sampah plastik.

Pengolahan Limbah Plastik Dengan Metode Recycle

Pemanfaatan sampah plastik juga merupakan cara yang lebih sederhana untuk sedikit menekan angka sampah plastik yang semakin meninggi. Menggunakan metode recycle atau daur ulang biasanya dilakukan oleh industri. Ada empat syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan daur ulang, yaitu limbah harus dalam bentuk tertentu sesuai kebutuhan, limbah harus bersifat homogen, tidak terkontaminasi, dan tidak teroksidasi. Untuk memenuhi keempat syarat tersebut, sampah atau limbah plastik harus melalui beberapa proses penting, antara lain pemisahan, pemotongan, pencucian, dan penghilangan zat-zat besi di dalamnya. Proses pemisahan sampah atau limbah plastik yang ada di Indonesia masih menggunakan cara manual. Namun ternyata hal ini ada manfaatnya, yaitu kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mesin pemisah sampah canggih. Selain itu dari hal ini, kita seharusnya bisa membuka lapangan pekerjaan di bidang industry daur ulang plastik. Semoga semua hal ini dapat kita wujudkan bersama sebagai satu langkah nyata dalam pengolahan limbah plastik.

Related Posts to "Cara – Cara Pengolahan Limbah Plastik"

Response on "Cara – Cara Pengolahan Limbah Plastik"