Sunday, 13 July 2014

Kelainan Pada Mata Manusia

Kelainan pada mata bukanlah hal yang asing dalam dunia medis. Hal ini dialami oleh sebagian orang di Indonesia. Padahal, mata merupakan salah satu panca indera yang berperan sangat penting dalam kehidupan kita. Mata yang sempurna adalah impian setiap orang. Hanya saja hal seperti itu tidak bisa mutlak dimiliki oleh setiap orang. Seperti contoh–contoh kelainan pada mata berikut ini.

kelainan pada mata manusia

 

Mata juling, atau istilah medisnya starabismus. Kita pasti tidak asing lagi dengan kelainan ini, mata juling bisa terjadi sejak saat dilahirkan atau terjadi dalam perjalanan hidup seseorang. Mata juling adalah keadaan dimana kedudukan kedua bola mata tidak sejajar satu sama lain. Penyebab mata juling bermacam-macam, ada yang karena faktor keturunan, kelainan refraksi/ kaca mata, kelainan dalam otak, lumpuh sebagian saraf, kelainan otot luar bola mata, dan kelainan didalam bola mata. Kelainan pada mata ini bisa disembuhkan lewat jalan operasi, obat-obatan khusus, kacamata, atau latihan-latihan saraf mata yang dilakukan oleh dokter mata yang berkompeten.

Kelainan pada mata yang selanjutnya adalah buta warna. Buta warna disebabkan oleh tidak ada atau tidak berfungsinya sel yang sensitif dengan warna di lapisan retina mata. Retina itu sendiri berfungsi untuk meneruskan rangsangan cahaya dan mengirimkannya ke otak. Penderita buta warna tidak mampu membedakan warna merah, hijau, atau biru. Buta warna disebabkan oleh faktor turunan,penyakit, karena umur, dan kecelakaan, sebagian besar penderita buta warna adalah laki-laki.

Selanjutnya, ARMD (Age Related Makular Degeneration), kelainan pada mata ini merusak penglihatan sentral. Penyakit ini merusak bagian makula pada mata yang berfungsi membedakan warna dan melihat benda secara jelas atau detail. Kelainan ini tidak menyebabkan kebutaan, hanya akan bertambah parah mengikuti bertambahnya umur seseorang. Biasanya penderita kelainan ini orang-orang yang berusia 50 tahun keatas. Ada 2 jenis ARMD, yaitu kering dan basah. ARMD kering merupakan kasus yang paling banyak terjadi, penyakit ini berkembang perlahan. Pada kasus ini, penglihatan sentral menjadi redup. Sedangkan yang jenis basah, jarang terjadi. Penyakit ini berkembang lebih cepat daripada yang jenis kering, yaitu hitungan bulan, bahkan minggu. Untuk ARMD kering tidak ada obat dan operasinya, sedangkan ARMD basah bisa dilakukan operasi laser.

Di atas hanyalah beberapa kelainan pada mata, masih banyak jenis kelainan pada mata manusia. Kita syukuri memeliki mata yang sehat dan sempurna, maka sebelum anda terkena kelainan tersebut, rawatlah mata kita dengan benar dan baik. Karena mata adalah organ penting dalam tubuh kita.

Related Posts to "Kelainan Pada Mata Manusia"

Response on "Kelainan Pada Mata Manusia"